8 Cara Menggali Peluang Usaha

Berikut adalah delapan cara menggali peluang usaha:

  1. Manfaatkan Internet dan Media Elektronik Lainnya

Di era sekarang, internet, radio, dan televisi merupakan jalur terbaik dalam memperoleh informasi, termasuk info tantang membangun bisnis. Namun internet lebih fleksibel, karena bisa dieksplorasi kapan saja.Misalnya di Google tentang “Contoh usaha dengan modal 5 jutaan rupiah”, pasti akan menjumpai ratusan website yang membahas tentang hal tersebut. Jadi internet merupakan jalan termudah menggali dan menemukan ide-ide usaha yang mungkin belum diketahui selama ini.

  1. Baca Buku dan Referensi Bisnis

Jika masih bingung “harus mau buka usaha apa?” Maka buku, majalah, pamflet, buklet dan koran bisnis bisa menjadi sumber informasi yang dapat membantu anda menciptakan ide-ide bisnis yang bagus.

  1. Ikuti Kegiatan Seminar Usaha

Jika buku dan internet belum dapat membantu menggali gagasan bisnis yang potensial, maka sesekali coba ikuti seminar-seminar tentang bisnis dan kewirausahaan. Di sana akan mendapat ilmu dan mentor yang berpengalaman dalam membangun usaha. Mungkin dengan seminar tersebut, akan memperoleh ilham yang baik.

  1. Aktif Bergabung di Komunitas Bisnis

Ada banyak komunitas atau organisasi yang mewadahi orang-orang dengan profesi atau kelompok bisnis tertentu, baik offline maupun komunitas online. Jika ada kesempatan cobalah bergabung dengan satu atau beberapa komunitas bisnis. Selain mendapat banyak ilmu, tentu akan berpeluang masuk dalam jaringan relasi dan pertemanan para entrepreneur. Mungkin mereka akan membantu dalam menggali potensi bisnis yang ada dalam diri anda.

  1. Datang ke Pameran Kewirausahaan

Salah satu tempat yang cukup efektif membangkitkan ide-ide bisnis yang ada dalam benak anda adalah pameran kewirausahaan. Berbagai produk baru, bisnis baru, dan job baru sering dipertontonkan dalam sebuah acara pameran. Penyelenggaranya bisa pemerintah maupun swasta. Walaupun harus mengeluarkan beberapa lembar rupiah untuk membeli tiket masuk, namun akan mendapatkan pengalaman kewirausahaan secara lebih nyata.

  1. Ngobrol dengan Para Pelaku Usaha

Kata pepatah “Pengalaman adalah guru terbaik”. Oleh sebab itu, dalam mencari celah usaha yang bagus, cobalah berdiskusi dengan orang-orang yang telah sukses maupun gagal dalam membangun bisnisnya. Biasanya akan selalu datang ilham setelah mengetahui pengalaman-pengalaman bisnis mereka secara langsung.

  1. Kunjungi Pusat-pusat Bisnis

Selain pameran, lokasi lain yang bagus untuk memperoleh ide usaha adalah di pusat-pusat bisnis. Dengan mengunjungi tempat tersebut akan dapat menyaksikan dan belajar banyak mengenai gambaran perputaran roda perekonomian dan bisnis.

  1. Mengamati Lingkungan Sekitar (Survey Langsung)

Sebagai amunisi terakhir dalam memecahkan kebuntuan menggali ide-ide usaha adalah dengan melakukan pengamatan atau survey langsung ke lingkungan sekitar. Perhatikanlah apa saja kebutuhan orang-orang yang bisa menjadi peluang usaha atau amati adakah bahan-bahan atau sumber daya yang tak berguna yang bisa menjadi barang ekonomis. Lihat, pikirkan lalu renungkan.

Tinggalkan komentar

Kalender

Juni 2015
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.