Menggali Peluang Usaha

jkMenggali peluang usaha adalah suatu cara atau langkah untuk menemukan suatu ide gagasan untuk mengambil kesempatan yang ada dalam suatu bisnis.

Banyak orang yang sukses mendapatkan rejeki melimpah berkat sebuah ide atau gagasan cerdasnya memanfaatkan suatu peluang usaha. Memang tak dapat dipungkiri, bahwa kerja keras takkan mungkin cukup mengantarkan seseorang menuju puncak keberhasilan. Harus ada ide-ide inovatif yang membuat kerja dan usahanya menjadi lebih bernilai. Oleh karena itu, sebelum memutuskan membangun sebuah konsep bisnis, maka mencari, menggali dan mengeksplorasi ide-ide usaha sangatlah diperlukan. Ada beragam cara, media, dan tempat untuk menggali sebuah celah usaha yang profitable.

Mencapai keberhasilan memang tidak mudah, Tidak ada orang sukses dengan cara tiba-tiba, pasti telah melalui proses yang panjang dan penuh perjuangan.Tetapi sebagai wirausahawan yang ingin berhasil tidak akan mengenal kata menyerah karena kegagalan merupakan jalan menuju sukses. Ada contoh kasus kegagalan dalam berbisnis, seorang mahasiswa jualan online baju atau yang sering disebut online shop, mahasiswa tersebut sudah menjalankan bisnisya dengan membuat blog, namun tidak sesuai yang direncakan semula, baju yang dipasarkan tidak laku sehingga merugi dan patah semangat untuk berbisnis. Itu menunjukkan bahwa mahasiswa tersebut bisa membaca peluang bisnis namun peluang yang ada tidak digali dengan baik, dia hanya menjalankan peluang tapi tidak mau menggali peluang yang ada dan mahasiswa tersebut mudah putus asa. Seharusnya meskipun gagal, harus tetap mau mencoba, mungkin tampilan blog dibikin menarik, iklan di media social dll.

Sukses tidak mengenal usia, baik mahasiswa, remaja, usia produktif maupun orang dewasa tetapi sukses ditentukan dari tekad, semangat, komitmen yang tinggi, mau mencoba, berani bersaing, mampu berkreasi dan berinovasi dan tentunya tidak boleh mudah putus asa meskipun usaha yang dirintis gagal, sehingga seorang wirausaha harus menggali peluang usaha.

Jika dilihat dari kacamata mahasiswa menggali usaha Kesuksesan sebagai mahasiswa tidak hanya ditandai dengan tingginya IPK, waktu kuliah yang singkat, atau seberapa cepat mendapat pekerjaan setelah lulus. Namun, predikat sukses juga layak disematkan pada mahasiswa yang sudah mulai berbisnis atau membuka usaha saat kuliah. Cocok dengan pameo “lebih cepat lebih baik”, mereka yang berbisnis sejak kuliah punya banyak kelebihan yang tidak dimiliki mahasiswa lain. Kemampuan melihat peluang, skill managerial dan marketing, hingga paham arti kerja keras dan disiplin. Yang pasti, status sebagai mahasiswa justru menjadikan peluang sukses semakin besar.

Jika dilihat dengan kaca mata bisnis, kampus adalah “pasar” yang potensial. Ribuan mahasiswa yang ada dikampus bisa jadi target market dari bisnis yang akan dimulai. Namun, menentukan bisnis yang akan dijalankan dan bakal berhasil juga bukan perkara mudah. Karena kita  “dituntut” untuk peka melihat peluang dan mengukur selera pasar. Cara yang paling sederhana adalah dengan mengamati sekitar kita tentang  apa yang dibutuhkan mahasiswa, baik itu fashion, kuliner, atau gaya hidup bagaimana yang sedang tren di kalangan mahasiswa. Ketika sudah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, akan lebih mudah menentukan bisnis macam apa yang akan gdieluti. Yang pasti, paham selera pasar dan punya target market yang jelas adalah dua kunci utama yang jadi penentu keberhasilan bisnis.

Tinggalkan komentar

Kalender

Juni 2015
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.